Salah satu langkah penting yang dilakukan oleh penduduk koloni Amerika pasca perang kemerdekaan, yakni dengan menyatukan ke- 13 negara-negara bagian. Kemudian dilanjutkan dengan membuat UUD, untuk mengatur Amerika ke depan. Tanggal Maret 1789 telah selesai dan dapat dijalankan, yakni parlemen terdiri dari dua bagian, pertama senat dan kedua majelis rendah. Pimpinan Negara ada di tangan presiden yang diangkat pada masa empat tahun dan boleh dipilih kembali. Presiden pertama Amerika adalah eorge Washington (1789-1797).

Kemajuan Amerika Serikat sangat tampak ketika negara ini dipimpin pasca John Adam, yakni oleh presiden ketiga, Thomas Jefferson (1801-1809). Negara ini semakin luas karena New Orleans dan Lousiana berhasil dibeli dari Spanyol. Negara-negara bagian baru pn muncul, sehingga tahun 1800-an Negara bagian Amerika Serikat telah mencapai 48 negara, dan kini telah mencapai 50 negara bagian setelah Alaska dan Hawaii ikut bergabung.

Perang Kemerdekaan Amerika Latin (1800-an)

Sebagaimana di negara-negara berkembang lainnya, baik di Amerika Latin maupun di Asia, seperti di Indonesia, Turki, Cina, dll., pada awal abad ke-20 telah memulai menentang kolonialisme dan imprealisme. Namun, Amerika latin sesungguhnya telah berjuang sejak awal abad ke-19 (1800-an) untuk melepaskan diri dari Spanyol dan Portugal. Perbedaannya dengan di Amerika Serikat, yakni di Amerika Latin perjuangan dilakukan dengan sendiri-sendiri, sedangkan di Amerika Serikat berjuang bersama belasan koloni dalam menentang Inggris, dan berhasil. Ada dua factor penting terjadinya perang kemerdekaan itu,

(a) faktor intern: terjadinya eksploitasi SDM dan SDA (ekonomi); adanya pungutan pajak; hak-hak rakyat dikekang; pengabaian pada sektor pendidikan; dan tidak berjalannya secara efektif sistem pemerintahan yang dijalankan, yakni antara negara, gereja dan militer.

(b)faktor ekstern: adanya revolusi Amerika dan Perancis; adanya pengaruh dari para pemikir Inggris tentang demokrasi, seperti Thomas Hobbes dan John Locke; adanya penyerbuan Napoleon atas Semenanjung Iberia (antara Portugal dan Spanyol) pada tahun 1807-1808.

Beberapa negara Amerika Latin yang merdeka yakni, (a) Haiti, 1 Juli 1801, kedua 1 Januari 1804 dan diberi kedaulatan oleh Perancis pada tahun 1825; (b) Dominika (Espanola) tahun 1821, dan lepas dari Haiti tahun 1844; (c) Argentina, tahun 1810-an; (d) Amerika Tengah (Guatemala, Al Salvador, Honduras, Nicaragua, Costa Rica), 1 Juli 1823; (e) Kuba 1902, dengan bantuan AS, dll.

Pertanyaan:
Anda telah mempelajari materi tentang perang kemerdekaan Amerika Serikat dan Amerika Latin, jelaskan persamaan dan perbedaan latar belakang perang kemerdekaan kedua Negara tersebut?