Beberapa hari lagi Ramadhan akan tiba. Berbagai persiapan pun digelar. Mulai dari membersihkan langgar dan mesjid sampai menyiapkan para petugasnya.  DI sekolah anak-anak diberi tugas  tambahan, seperti  meminta  tanda tangan  para petugas (baik imam atau penceramah) setelah mengikuti  berbagai kegiatan. Di rumah keluarga Muslim pun tak mau ketinggalan. Berbagai hal dipersiapkan mulai dari bersih-bersih rumah sampai bahan-bahan untuk memperlancar aktivitas Ramadhan. Pokoknya semua bergembira menyambut Ramadhan.

Apa janji Allah bagi orang-orang dengan sengaja menyiapkan segala keperluan Ramadhan? salah satu janjinya adalah “diharamkannya tubuh orang tersebut disentuh oleh api neraka”, subhanallah. Semoga kita termasuk orang-orang dalam kelompok ini. Amin.

Kalau Ramadhan akan tiba saja telah disambut dengan bersuka cita, apalagi jika telah menemuinya. Maka beberapa pemandangan pun tampak seperti aktivitas sholat tarawih (baik yang 11 maupun 23 rakaat), kegiatan majelis ta’lim, tadarus Al Quran, dan kegiatan sosial lainnya. Semua umat Islam yang melakukan itu jelas sebuah indikasi bahwa ia seorang Muslim yang beriman dan bertaqwa. Semoga kita termasuk dalam kelompok ini.

Sebelum memasuki bulan yang penuh rahmat, berkah dan ampunan ini sepatutnyalah kita saling maaf memaafkan, agar ibadah yang akan kita jalankan selama sebulan ini bisa dilaksanakan dengan hati yang ikhlas, khusu’, dan tentunya lebih baik kualitas dan kuntitasnya dari Ramadhan tahun sebelumnya. Selamat menunaikan ibadah puasa, selamat meraih ampunan sebanyak-banyaknya, selamat meraih kemenangan. Amin ya rabbal amin.

Saya sekeluarga memohon kepada semua keluarga, teman-teman dan kepada siapa saja yang mungkin pernah kami ambil haknya, atau  menyinggung perasaannya atau apa saja. Begitu pula kami sebaliknya. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan  ampunan serta kasih sayangnNya kepada kita semua.