Menrt: M. Yamin bahwa bangsa Indian berasal dari Asia, masuk ke Amerika dalam 3 gelombang: (1) adalah perpindahan orang Mongol dari Asia Timur Laut menuju Amerika Utara dengan melalu Selat Bering, kurang lebih 13.000 th yl; (2) yaitu bangsa Austronesia dari barat ke timur melalui lautan Pasifik dan sampai di Amerika Selatan (3)yakni perpindahan pelaut Austronesia menurut arus laut yang bergerak dari New Zealand dan Asia Timur bergerak menuju Amerika Selatan. Perpaduan antara bangsa Mongol dan Austronesia melahirkan bangsa Indian di Amerika.

Menurut versi lain, kurang lebih 20.000 sampai 50.000 tahun yang lalu bangsa Amurian dari Siberia di Rusia menyebrang melalui selat Bering ke benua Amerika. Kemudian disusul oleh bangsa Mongol awal abad ke-1 masehi, dari percampuran kedua bangsa tersebut, lahirlah bengsa Indian Amerika (Amerind) yang menyebar diseluruh benua Amerika dari utara ke selatan, mereka hidup dari berburu, menangkap ikan, mengumpulkan makanan dan buah-buahan liar.
Teori Ketiga yaitu: Bahwa orang Indian berasal dari Samudera Atlantik, mereka berlayar ke Utara, terdampar ke wilayah  Kanada dan selanjutnya mengikuti route yang sama dengan teori pertama yakni  dari Amerika Utara, AS, dan terus ke Meksiko yang umumnya  beriklim sedang dan panas, dari sinilah mereka menetap dan menyebar ke wilayah Selatan di Amerika Latin.
Pada mulanya bangsa Aztec merupakan suku yang pertama kali berjuang di daerah pinggiran wilayah tersebut. Selama pengembaraan mereka sebagai kelompok luar-garis, bangsa Aztec kadang-kadang mengalami kemerosotan sampai berpakaian dedaunan dan makan serangga. Pada sekitar tahun 1325 Masehi bangsa Aztec sampai ditempat yang sekarang menjadi kota Meksiko.
Suku Maya mendiami daerah Meksiko Selatan dan bagian-bagian Amerika Tengah lainnya. Pusat kebudayaannya terdapat di Semenanjung Yukatan. Kota paling awal berdirinya diperkirakan pada abad ke-3 di hutan Guatemala yang lebat dan yang terakhir diperkirakan dibangun pada abad ke-10 dan abad ke-11 pada sebuah dataran di Yukatan bagian Utara. Kota-kota ini merupakan peninggalan orang-orang Maya yang memiliki tingkat kebudayaan yang tinggi dengan catatan arsitektur paling beraneka ragam dan paling maju. Kebudayaan suku Maya ini berkembang dari abad ke-1 S M sampai mulainya penggalan Masehi.

Tugas Individu:  Buat Peta Amerika (dengan terlebih dahulu membuat peta dunia di pojok kanan dg ukuran kecil). Dilukis pada kertas A3, dikumpul setelah mendapat instruksi melalui SMS.

About these ads