Masa Raja-Raja Gupta atau Masa Keemasan Hindu (320-606 M)

Pada masa Raja Gupta, kerajaan dipimpin oleh Chandra Gupta I (230-330 M), Samudera Gupta, 330-375 M). Para penguasa waktu itu dapat digolongkan sama dengan Pemerintahan Napoleon. Daerah utama yg menjadi taklukan adalah Hindustan dan negeri-negeri di sebelah utaranya. Setelah berhasil menguasai wilayah utara kemudian dilanjutkan ke negeri bagian selatan. Akibatnya beberapa kerajaan penting seperti kerajaan Kalinga dan Pallava (wa) menjadi takluk (daerah Madras Sekarang).

Hubungan diplomasi dilakukan juga dengan Raja Ceylon (Budha). Dampak hubungan itu adalah agama Budha di negeri itu terlindungi. Masa Chandragupta II (Vikramaditya) wilayah semakin luas, yaitu: Daerah sekitar Indus (yg dikuasai oleh orang Saka. India Barat: Gujarat dan Malwa juga dirampas. Dampaknya adalah Kerajaan Gupta dapat memiliki pelabuhan-pelabuhan. Aktivitas di pelabuhan menyebabkan Gupta mengadakan hubungan dengan negeri-negeri Arab dan Mesir melalui Laut Merah.

Gambaran Kerajaan Gupta pada masa ini yakni: kerajaan dan rakyat makmur dan sentosa, pemerintahan dijalankan dengan bijaksana selama lebih dari 30 tahun. Kesusastraaan berkembang, kitab-kitab kuno yang berbahasa Sanskrit dipelajari dan diselidiki. Pujangga yg masur pd waktu itu adalah Kalidasa. Selain itu, juga berkembang ilmu falak (ilmu bintang), ahlinya yakni : Aryabatha dan Varahmihira. Seni Suara juga dipelajari; pandai logam (membuat seni ukir; bangunan-bangunan, candi-candi, istana-istana juga didirikan; Bangunan itu sudah hamper punah, yg menurut pemberitaan dihancurkan oleh tentara Islam. Namun setelah raja wafat (415 M), lambat laun kerajaan semakin mundur. Penyebabnya adalah banyaknya desakan-desakan dari negeri bawahan untuk melepaskan diri (bangsa Huns, runtuh tahun 565 M); ketidakcakapan para penggantinya juga merupakan hal yg membuat kerajaan menjadi mundur. Pasca pemerintahan itu diganti oleh Raja Harsya (606-647 M).

Catatan: Tugas mahasiswa regular A dan B. sbb:
1. Tentang bangsa Arya

2. Tentang perkembangan Agama Hindua

3. Tentang perkembangan Agama Budha

4. Masa sebelum  keemasan Hindu (320-606 M) (pilih 1 atau 2 kerajaan: cermati kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik, dll)

5. Masa sesudah  keemasan Hindu (320-606 M) (pilih 1 atau 2 kerajaan: cermati kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik, dll)
6. Masuknya Islam di India
7. Masa Pemerintahan Moghul (akbar, shahjehan, dst. cermati kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik, dll)
8. Masuknyanya kolonialisme Barat di India
9. Nasionalisme India
10. Perkembangan gerakan kemerdekaan Bangladesh
11. Perkembangan gerakan kemerdekaan Pakistan
12. Perkembangan gerakan kemerdekaan Srilanka
13. Masalah perkembangan gerakan di Afganistan
14. Masalah Kashmir
15. Biografi Nehru
16. Biografi Mahatma Gandhi

Catatan: waktu tugas dua minggu setelah tugas ini diposting, kelompok 2-3 orang, kirim lewat email:fikri_025@yahoo.co.id dan diprint out.

About these ads